Hidup Islami

dari Bangun Tidur sampai  Tidur Lagi

70 Pertanyaan untuk Muhasabah Harian

oleh

Majid bin Abdullah ath-Thurayif

Sebuah renungan yang harus dibaca oleh pelajar khususnya, dan para pecinta ilmu pada umunhya, agar hidupnya menjadi hidup yang diridlai oleh Allah subhanahu wata’ala…

MUQADDIMAH

 

 الْحَمْدُ لِلَّهِ بِمَا حَمِدَ بِهِ نَفْسُهُ فِيْ كِتَابِهِ ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.

Segala puji bagi Allah, dengan segala pujian yang Dia pujikan untuk DiriNya di dalam KitabNya. Dan shalawat serta salam semoga dilimpahkan ke atas nabi Kita, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik hingga hari kiamat.

Amma ba’du:

Allah swt berfirman

إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah, Tuhan semesta alam

Saudaraku Pendidik:

Saudaraku Pelajar:

Sesungguhnya kehidupan seorang muslim itu seluruhnya adalah untuk Allah. Karena itulah alangkah indahnya jika masing-masing di antara kita selalu melakukan muhasabah (menghitung) diri sendiri setiap hari;

Apakah ia telah menjadikan seluruh hari-harinya untuk Allah?

Apakah ia merasa bahwa ia hidup bersama Allah, karena Allah dan untuk Allah?

Sesungguhnya tingkat keberagamaan yang tertinggi adalah Ihsan. Yaitu Anda beribadah seolah-olah engkau melihat Allah atau jika Anda tidak melihatnya sesungguh-nya Dia melihatmu.

Dan jika setiap jiwa masih merasa ragu apakah di dalam diri manusia ada nikmat dari Allah! Ketahuilah, sesungguhnya setiap saat dari hidupnya di muka bumi adalah nikmat dari Allah, maka alangkah indahnya jika ia menjadikan seluruh waktunya untuk Allah.

Alangkah indahnya jika ia mengawasi amal perbuatannya sehari-hari, dan menimbangnya dengan standar syara’. Apabila amalnya menuju ke arah ketaatan kepada Allah maka hendaklah ia bersegera melakukannya. Tetapi jika amalnya mengarah kepada kedurhakaan kepada Allah, maka hendaklah segera meninggalkannya. Jika amal itu berupa adat kebiasaan, hendaklah ia mencari pahala dari Allah di balik adat yang dilakukannya dan meniat-kannya untuk kebaikan, sehingga adat itu di sisiNya menjadi ibadah.

Wahai Saudaraku para pendidik…

Wahai para pelajar…

Inilah pertanyaan-pertanyaan yang mencakup aktifitas kehidupan seorang pelajar dalam sehari semalam, yang bisa digunakan untuk melakukan muhasabah harian. Maka hendaklah seorang penuntut ilmu membacanya untuk bermuhasabah bagi diri sendiri. Atau juga dibacakan oleh para pendidik kepada para pelajar, atau dibacakan oleh orang tua untuk anak-anaknya, atau dibacakan oleh kakak untuk adik-adiknya, lalu mereka mendiskusikan-nya.

Di dalam persoalan-persoalan ini ada yang berupa kewajiban, sunnah, dan tanyakanlah; apakah sudah dilakukan dan dipelihara secara kontinyu?

Apabila jawabannya sudah maka itulah tanda kebaikan, selanjutnya hendaklah mengucapkan alhamdulillah karena telah melakukan kebaikan. Tetapi apabila belum dilakukan maka hendaklah berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakannya, sehingga hari-hari itu secara keseluruhan menjadi Islami.

Saya memohon kepada Allah, dengan nama-namaNya yang indah, dan sifat-sifatNya yang tinggi, agar pertanyaan-pertanyaan ini bermanfaat. Dan semoga buku kecil ini membawa berkah, dan menjadikan isinya sebagai kebaikan yang banyak. Dan juga menjadikan seluruh hari-hari kita sebagai hari-hari yang Islami, serta menjadikan hidup kita seluruhnya untuk Allah semata.

Dan, segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam

 

Apakah hari-harimu sudah Islami?

70 Pertanyaan Renungan

اقْرَأْ هَذِهِ اْلأَسْئِلَةَ فَإِذَا أَجَبْتَ عَلَى أَحَدِهَا بِـ (لاَ ) أَوْ (أَحْيَانًاً) فَسَجِّلْ عَلَى نَفْسِكَ مُلاَحَظَةً ثُمَّ تَدَارَكْ  نَفْسَكَ حَتَّى يَكُوْنَ يَوْمُكَ  إِسْلاَمِيًّا !

Bacalah pertanyaan-pertanyaan ini, jika Anda menjawab tidak atau kadang-kadang saja pada salah satu pertanyaan maka berikanlah perhatian pada diri Anda kemudian perbaikilah diri Anda sehingga hari-hari Anda menjadi Islami

1)       هَلْ تَقُوْلُ أََذْكَارَ اْلاِسْتِيْقَاظِ مِنَ النَّوْمِ؟ وَتُطَبِّقُ السُّنَّةَ فِيْ فَرْكِ الْوَجْهِ بَعْدَ اْلاِسْتِيْقَاظِ؟

1- Apakah Anda selalu membaca dzikir (do’a) bangun tidur? Dan menerapkan sunnah dengan menggosok wajah setelah bangun?

[tentang kesunnahan menggosok wajah, kami belum menemukan dalilnya—pent]

2)       هَلْ تُطَبِّقُ السُّنَّةَ بِدُخُوْلِ الْخَلاَءِ بِالْيَسَارِ وَ الذِّكْرِ قَبْلَ دُخُوْلِ الْخَلاَءِ وَهَلْ تَخْرُجُ بِالْيَمِيْنِ وَتَقُوْلُ ذِكْرَ الْخُرُوْجِ مِنَ الْخَلاَءِ؟

Apakah Anda sudah menerapkan sunnah ketika masuk kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri dan membaca dzikir masuk kamar mandi, dan apakah Anda keluar dari kamar mandi dengan mendahulukan kaki kanan dan membaca dzikir keluar dari kamar mandi?

3)       هَلْ تُطَبِّقُ مَا وَرَدَ بَعْدَ النَّوْمِ عِنْدَ الْوُضُوْءِ مِنْ غَسْلِ الْكَفَّيْنِ ثَلاَثًاٌ وَاْلاِسْتِنْثَارِ ثَلاَثًا؟

Apakah Anda sudah menerapkan sunnah wudlu ketika bangun tidur, yaitu membasuh kedua telapak tangan tiga kali, dan menghirup air ke hidung tiga kali?

4)       هَلْ تُطَبِّقُ فِيْ الْوُضُوْءِ لِصَلاَةِ الْفَجْرِ وَفِيْ جَمِيْعِ الصَّلَوَاتِ سُنَنَ الْوُضُوْءِ وَتَسْتَحْضِرُ فَضْلَ الْوُضُوْءِ وَتَقُوْلُ الذِّكْرَ الْوَارِدَ بَعْدَ الْوُضُوْءِ؟

Apakah Anda sudah menerapkan sunnah-sunnah wudlu di dalam wudlu untuk shalat fajar dan untuk seluruh shalat, engkau datangkan keutamaan wudlu dan membaca dzikir setelah wudlu?

5)       هَلْ تُجِيْبُ الْمُؤَذِّنَ وَتَقُوْلُ مَا وَرَدَ  بَعْدَ اْلأَذَانِ فِيْ كُلِّ صَلاَةٍ؟

Apakah Anda selalu menjawab mu’adzin dan mengucapkan do’a setelah adzan, pada setiap shalat?

6)       هَلْ تُصَلِّي صَلاَةَ الْفَجْرِ فِيْ وَقْتِهَا؟

Apakah Anda sudah melaksanakan shalat fajar pada waktunya?

7)   هَلْ تُصَلِّي صَلاَةَ الْفَجْرِ مَعَ الْجَمَاعَةِ؟ وَهَلْ تُحَافِظْ عَلَى التَّبْكِيْرِ فِي الذَّهَابِ إِلَيْهَا فَقَدْ وَرَدَ فِي الْحَدِيْثِ أَنَّ الْمَرْءً فِي صَلاَةٍ مَا انْتَظَرَ الصَّلاَةَ ؟

Apakah Anda selalu shalat fajar (subuh) dengan berjama’ah? Dan apakah Anda senantiasa menjaga kebiasaan bersegera berangkat ke masjid. Telah datang di dalam hadis bahwa seseorang berada di dalam shalat selama ia menanti shalat?

8)       هَلْ تَقُوْلُ ذِكْرَ دُخُوْلِ الْمَسْجِدِ وَذِكْرَ الْخُرُوْجِ مِنْهُ؟

Apakah Anda selalu membaca dzikir masuk ke dalam masjid dan dzikir keluar dari masjid?

9)       هَلْ تُحَافِظُ عَلَى رَاتِبَةِ الْفَجْرِ؟

Apakah Anda senantiasa menjaga rawatib fajar (shalat qabliyah subuh)?

فِي الْحَدِيْثِ (رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَ مَا فِيْهَا)

Di dalam hadis dikatakan, “Dua rekaat (sunnat) fajar lebih baik dari pada dunia dan seisinya”

10)   هَلْ تَخْشَعُ وَ تُطَبِّقُ سَنَنَ الصَّلاَةِ فِيْ صَلاَةِ الْفَجْرِ؟ وَفِيْ جَمِيْعِ الصَّلَوَاتِ؟

Apakah Anda selalu khusyu’ dan menerapkan sunah-sunnah shalat di dalam shalat fajar (subuh)? Dan juga pada semua shalat yang lainnya?

11)   هَلْ تَجْلِسُ وَلَوْ أَحْيَانًا فِي الْمَسْجِدِ بَعْدَ صَلاَةِ الْفَجْرِ إِلَى شُرُوْقِ الشَّمْسِ تَذْكُرُ اللهَ

Apakah Anda pernah duduk di masjid, meski hanya sesekali, setelah shalat fajar hingga terbit matahari untuk mengingat Allah.

فَذَلِكَ ثَابِتٌ فِي الصَّحِيْحِ وَوَرَدَ فِيْ حَدِيْثٍ حَسَنٍ فِي سُنَنِ التِّرْمِذِيِّ أَنَّ مَنْ جَلَسَ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ فَلَهُ أَجْرُ حُجَّةٍ وَعُمْرَةٍ تَامَّةً

Amaln itu telah ditetapkan kesunahannya di dalam hadits Shahih dan juga ada di dalam hadis hasan pada Sunan at-Tirmidzi, bahwa orang yang duduk hingga matahari tinggi kemudian shalat dua rekaat maka baginya pahala seperti berhaji dan berumrah, secara sempurna

12)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى اْلأَذْكَارِ بَعْدَ الصَّلاَةِ فِيْ صَلاَةِ الْفَجْرِ وَفِيْ جَمِيْعِ الصَّلَوَاتِ؟

Apakah Anda selalu memelihara dzikir setelah shalat, pada shalat fajar dan shalat-shalat yang lainnya?

13)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى أَذْكَارِ الصَّبَاحِ؟

Apakah Anda memelihara dzikir pagi hari

14)   هَلْ لَكَ وِرْدٌ مِنَ الْقُرْآنِ تُحَافِظُ عَلَيْهِ كُلَّ يَوْمٍ ؟

Apakah Anda memiliki wirid dari al-Qur’an yang Anda pelihara setiap hari?

كَانَ كَثِيْرٌ مِنَ الصَّحَابَةِ يَخْتَمُّوْنَ الْقُرْآنَ فِيْ كُلِّ أُسْبُوْعٍ وَبَعْضُهُمْ يَخْتَمُّ فِيْ كُلِّ ثَلاَثٍ

Banyak di antara para shahabat yang mengkhatamkan al-Qur’an dalam setiap pekan, bahkan sebagian dari mereka mengkhatamkan dalam 3 hari

15)   هَلْ تَذْكُرُ اسْمَ اللهِ قَبْلَ الطَّعَامِ وَتَحْمَدُ اللهِ بِمَا وَرَدَ بِعْدَ الطَّعَامِ؟ وَهَلْ تَسْتَشْعِرُ نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكَ بِالطَّعَامِ؟

Apakah Anda selalu menyebut nama Allah sebelum makan, dan mengucap hamdalah dengan do’a yang ma’tsur setelah selesai makan? Dan apakah Anda senantiasa merasakan nikmat Allah kepada Anda dengan makanan itu?

16)   هَلْ تَحْتَسِبُ فِيْ طَعَامِ اْلإِفْطَارِ وَفِيْ كُلِّ طَعَامٍ أَنَّهُ يُقَوِّى عَلَى الطَّاعَةِ؟

Apakah Anda senantiasa mengharapkan pahala pada makan pagi, dan pada semua makan, dengan niat bahwa makanan itu untuk menguatkan tubuh dalam melakukan ketaatan?

17)  هَلْ تَلْبِسُ الْحِذَاءَ بِدَايَةً بِالْيَمِيْنِ وَتَنْزِعُهُ بِدَايَةً بِالْيَسَارِ؟ وَتَخْرُجُ مِنَ الْبَيْتِ بِالْيَسَارِ وَتَدْخُلُ الْمَسْجِدَ بِالْيَمِيْنِ وَتَخْرُجُ مِنَ الْمَسْجِدِ بِالْيَسَارِ وَتَدْخُلُ الْبَيْتَ بِالْيَمِيْنِ وَتُحَافِظُ عَلَى التَّيَمُّنِ فِيْ شَأْنِكَ كُلِّهِ؟

Apakah Anda senantiasa memakai sepatu dimulai dengan kaki kanan dan melepasnya dimulai dengan kaki kiri? Dan Anda senantiasa keluar dari rumah dengan mendahulukan kaki kiri dan masuk masjid dengan mendahulukan kaki kanan, dan keluar masjid dengan kaki kiri, dan masuk rumah dengan kaki kanan. Dan Anda menjaga mendahulukan angota badan yang kanan dalam semua keadaan?

18)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى ثِيَابِكَ مِنَ اْلإِسْبَالِ؟ فِي الْحَدِيْثِ (مَا أَسْفَلَ الْكَعْبَيْنِ مِنَ اْلإِزَارِ فَفَي النَّارِ)

Apakah Anda senantiasa menjaga pakaian Anda dari isbal? Di dalam hadis dikatakan, “Kain yang ada di bawah mata kaki kelak ada di dalam neraka”

19)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى أَذْكَارِ الْخُرُوْجِ مِنَ الَْمَنْزِلِ؟

Apakah Anda senantiasa menjaga dzikir keluar dari rumah?

20)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى دُعَِاءِ الرُّكُوّبِ؟

Apakah Anda senantiasa memelihara do’a mengendara kendaraan?

21)   هَلْ تَحْتَسٍبُ فِيْ طَرِيْقِكَ لِلْمَدْرَسَةِ أَنَّكِ فِيْ طَرِيْقِ تَلْتَمِسُ بِهِ عِلْماً؟

Apakah Anda senantiasa mengharapkan pahala dalam perjalanan menuju sekolah; bahwa engkau ada di jalan mencari ilmu?

22)   هَلْ تَدُرُسُ بِنَشَاطٍ وَتُسَابِقُ إِلَى الْخَيْرَاتِ؟

Apakah Anda selalu belajar dengan penuh semangat dan Anda berlomba-lomba menuju kebaikan?

قال تعالى يا يحي خذ الكتاب بقوة

Allah berfirman, “Wahai Yahya, ambillah kitab dengan kekuatan

23)   هَلْ تَأْمُرُ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَى عَنِ الْمُنْكَرِ؟

Apakah Anda selalu melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar?

24)   هَلِ ابْتَعَدْتَ عَنْ أَصْحَابِ السُّوْءِ وَاقْتَرَبْتَ مِنْ أَصْحَابِ الْخَيْرِ؟

Apakah Anda telah menjauhi orang-orang yang berperangai buruk dan mendekat kepada orang-orang yang berperangai baik

25)   هَلْ تُعِيْنُ الزُّمَلاَءَ فِي الدِّرَاسَةِ عَلَى الْخَيْرِ؟وَهَلْ تُحْسِنُ صُحْبَتَهُمْ وَتَدْعُوْ لَهُمْ؟

Apakah Anda selalu membantu teman-teman belajar dalam kebaikan? Dan apakah Anda selalu memperbaiki persahabatan dengan mereka dan berdoa kebaikan bagi mereka?

26)   هَلْ تَحْتَرِمُ مُدَرِّسِيْكَ وَتَدْعُوْ لَهُمْ؟

Apakah Anda selalu menghormati guru-guru Anda dan mendo’akan kebaikan bagi mereka

27)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى كُتُبِكَ وَدَفَاتِرِكَ الدِّرَاسِيَّةِ ؟

Apakah Anda selalu memelihara buku-buku dan catatan-catatan pelajaranmu?

(الْكُتُبُ أَوْعِيَّةُ الْعِلْمِ)

Buku adalah bejana ilmu)

28)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى صَلاَةِ الضُّحَى؟

Apakah Anda selalu menjaga shalat dluha?

29)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى الرَّاتِبَةِ قَبْلَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ؟

Apakah Anda selalu memelihara shalat rawatib sebelum dhuhur, sebanyak empat rekaat?

30)   هَلْ تُصَلِّيْ صَلاَةَ الظُّهْرِ فِي وَقْتِهَا؟

Apakah Anda selalu menunaikan shalat dhuhur pada waktunya

31)   هَلْ تُصَلِّيْهَا مَعَ الْجَمَاعَةِ؟ وَهَلْ تُحَافِظُ عَلَى التَّبْكِيْرِ فِي الذَّهَابِ إَلَيْهَا؟

Apakah Anda selalu shalat dhuhur dengan bejama’ah? Dan apakah Anda memelihara kebiasaan bersegera pergi menuju tempat jamaah dhuhur?

32)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى الرَّاتِبَةِ بَعْدَ الظُّهْرِ؟

Apakah Anda selalu memelihara shalat rawatib ba’da dhuhur?

33)   هَلْ تَقُوْلُ أَذْكَارَ الطَّعَامِ قَبْلَهُ وَبَعْدَهُ؟ وَهَلْ تَسْتَشْعِرُ نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكَ بِالطَّعَامِ؟

Apakah Anda selalu membaca dzikir (do’a) sebelum dan setelah makan? Dan apakah Anda selalu merasakan adanya nikmat Allah kepadaMu melalui makanan itu?

34)   إِذَا كُنْتَ مِمَّنْ يَنَامُ الظُّهْرَ فَهَلْ تَقُوْلُ ذِكْراً قَبْلَ النَّوْمِ وَبَعْدَهُ؟

Apabila Anda termasuk orang yang biasa tidur siang, apakah Anda selalu membaca dzikir sebelum dan sesudah tidur?

35)   هَلْ تَحْتَسِبُ فِي نَوْمِكَ ظُهْراً وَفِيْ جَمِيْعِ اْلأَوْقَاتِ أَنَّهُ يُقَوِّيْ عَلَى الطَّاعَةِ؟

Apakah Anda selalu mengharapkan pahala melalui tidur siang Anda dan juga tidur di seluruh waktu bahwasanya agar tidur itu menguatkan tubuh untuk melakukan ketaatan?

36)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الْعَصْرِ؟  

Apakah Anda selalu memelihara empat rekaat sebelum ashar?

فِي الْحَدِيْثِ “رَحِمَ اللهُ  امْرَأً صَلَّى قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعاً”

Di dalam hadis diterangkan ”Allah merahmati seseorang yang shalat sebelum ashar 4 rekaat”

37)   هَلْ تُصَلِّي صَلاَةَ الْعَصْرِ فِي وَقْتِهَا؟

Apakah Anda selalu shalat Ashar pada waktunya?

38)   هَلْ تُصَلِّيْهَا مَعَ الْجَمَاعَةِ؟ وَهَلْ تُحَافِظُ عَلَى التَّبْكِيْرِ فِي الذَّهَابِ إِلَيْهَا ؟

Apakah Anda selalu shalat Ashar dengan berjama’ah? Dan Apakah Anda selalu memelihara kebiasaan bersegera pergi menuju tempat jama’ah shalat Ashar?

39)   هَلْ أَنْتَ مُشَارِكٌ فِيْ حَلْقَةٍ لِتَحْفِيْظِ الْقُرْآنِ؟وَهَلْ تَدْرُسُ فِي الْحَلْقَةِ بِجِدٍّ وَإِخْلاَصٍ؟

Apakah Anda telah bergabung (ikut serta) dalam halaqah tahfidz al-Qur’an? Dan apakah Anda belajar dengan sungguh-sungguh dan ikhlas di dalam halaqah tersebut?

40)   هَلْ أَنْتَ مِمَّنْ يُسَارِعُ إِلَى بِرِّ وَالِدَيْهِ؟

Apakah Anda termasuk orang yang selalu bersegera melakukan birrul walidain (bakti kepada kedua orang tua)?

41)   هَلْ تَصِلُ رَحِمَكَ وَقُرَابَتَكَ؟

Apakah Anda selalu menyambung hubungan dengan saudara dan kerabatmu?

42)   هَلْ تَعْتَنِيْ بِمُرَاجَعَةِ دُرُوْسِكَ وَحِلِّ وَاجِبَاتِكَ مُخْلِصاً فِي طَلَبِ الْعِلْمِ؟

Apakah Anda selalu memperhatikan muraja’ah (mengulang kembali) pelajaranmu dan menyelesaikan pekerjaan rumahmu dengan ikhlas dalam rangka mencari ilmu?

43)   هَلْ تُخَصِّصُ وَقْتاً لِقِرَاءَةِ كِتَابٍ نَافِعٍ؟ أَوْ سِمَاعِ شَرِيْطٍ نَافِعٍ؟

Apakah Anda telah mengkhususkan waktu untuk membaca buku yang bermanfaat? Atau mendengarkan kaset yang bermanfaat?

44)   هَلْ تَحْفَظُ عَيْنَكَ مِنَ النَّظْرِ إِلَى الْقَنَوَاتِ الْفَضَائِيَّةِ وَالْمَشَاهِدِ الْمُحَرَّمَةِ؟

Apakah Anda selalu memelihara kedua matamu dari menonton chanel-chanel televisi dan pertunjukan-pertunjukan yang terlarang?

45)   وَهَلْ تَحْفَظُ أُذُنَكَ مِنْ سِمَاعِ أَشْرِطَةِ الْغِنَاءِ؟

Apakah Anda selalu memelihara telingamu dari mendengarkan lagu-lagu?

46)         هَلْ تَحْفَظُ لِسَانَكَ مِنَ الْغِيْبَةِ وَالنَّمِيْمَةِ وَالْكَذِبِ وَاْلكَلاَمِ الْمُحَرَّمِ؟ وَهَلْ تَحْفَظُ فَرْجَكَ وَجَمِيْعِ جَوَارِحِكَ مِنَ الْحَرَامِ؟

Apakah Anda selalu memelihara lisanmu dari kebiasaan ghibah (menggunjing), namimah (adu domba), dusta dan pembicaraan yang haram? Dan apakah Anda memelihara kemaluanmu dan semua anggota badanmu dari hal-hal yang haram?

قَالَ تَعَالَى:

وَمَا كُنْتُمْ تَسْتَتِرُونَ أَنْ يَشْهَدَ عَلَيْكُمْ سَمْعُكُمْ وَلَا أَبْصَارُكُمْ وَلَا جُلُودُكُمْ وَلَكِنْ ظَنَنْتُمْ أَنَّ اللَّهَ لَا يَعْلَمُ كَثِيرًا مِمَّا تَعْمَلُونَ

 

 Dan kamu sekali-kali tidak dapat bersembunyi dari persaksian yang dilakukan oleh pendengaranmu, mata-mata kalian, dan kulit-kulit kalian terhadap kalian sendiri, bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kalian kerjakan. (Fushshilat: 22)

وَفِي الْحَدِيْثِ “مَنْ يَضْمَنُ لِيْ مَا بَيْنَ لِحْيَيْهِ (يَعْنِي اللِّسَانِ) وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ  (يَعْنِي الْفَرْجِ)  أَضْمَنُ لَهُ الْجَنَّةَ”

Di dalam hadis dikatakan ”Barangsiapa yang menjamin kepadaku apa yang ada di antara kedua jenggotnya (yakni lisan) dan yang ada di antara kedua kakinya (yakni kemaluan) maka aku menjamin baginya sorga

47)   هَلْ تَتَصَدَّقُ وَلَوْ بِشَيْءٍ يَسِيْرٍ مُحْتَسِبًا الثَّوَابَ مِنَ الله؟

Apakah Anda selalu bersedekah meskipun dengan sesuatu yang ringan karena mengharap pahala dari Allah?

48)   هَلْ تَصُوْمُ وَلَوْ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ تَطَوُّعاً؟

Apakah Anda selalu berpuasa meskipun tiga hari dalam setiap bulan, sebagai puasa tathawwu’ (sunnah)?

49)   هَلْ تَغْتَنِمُ سَاعَاتِ إِجَابَةِ الدُّعَاءِ وَمِنْهَا عِنْدَ إِفْطَارِ الصَّائِمِ وَ الدُّعَاءِ بَيْنَ اْلأَذَانِ وَاْلإِقَامَةِ وَآخِرُ سَاعَةٍ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَغَيْرِهَا؟

Apakah Anda selalu memelihara waktu-waktu ijabah (terkabulnya) do’a, di antaranya adalah ketika berbuka bagi orang yang puasa, berdo’a antara adzan dan iqamat, dan akhir hari jum’at dll?

50)   هَلْ تُحَافِظُ عَلَى أَذْكَارِ الْمَسَاءِ؟

Apakah Anda selalu memelihara dzikir-dzikir sore?

51)   هَلْ تُصَلِّيْ صَلاَةَ الْمَغِْربِ فِيْ وَقْتِهَا؟

Apakah Anda selalu menunaikan shalat maghrib pada waktunya?

52)   هَلْ تُصَلِّيْهَا مَعَ الْجَمَاعَةِ؟ وَهَلْ تُحَافِظُ عَلَى التَّبْكِيْرِ فِي الذَّهَابِ إِلَيْهَا؟

Apakah Anda selalu menunaikan shalat Maghrib dengan berjama’ah? Dan apakah Anda selalu memelihara kebiasaan bersegera pergi menuju tempat shalat jama’ah

53)   هَلْ تُصَلِّيْ رَكْعَتَيْنِ رَاتِبَةَ الْمَغْرِبِ بَعْدَهَا؟

Apakah Anda selalu menunaikan shalat dua rekaat rawatib ba’diyah maghrib?

54)   هَلْ تَدْعُوْ أَهْلَكَ وَجِيْرَانَكَ وَمَنْ حَوْلَكَ إِلَى الله؟

Apakah Anda selalu berda’wah (mengajak) kepada keluargamu, tetanggamu dan orang-orang sekitarmu (untuk taat) kepada Allah?

فِي الْحَدِيْثِ (الْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ)

Di dalam hadis dikatakan, Kalimat yang baik adalah shadaqah

55)   هَلْ تَتْرُكُ الْغَضَبَ لِنَفْسِكَ وَتُحَاوِلُ أَلاَّ تَغْضَبَ إِلاَّ لِلَّهِ؟

Apakah Anda selalu berusaha meninggalkan marah karena diri sendiri, dan berusaha untuk tidak marah kecuali karena Allah?

56)   هَلْ تُحَاوِلُ تَجَنُّبَ اْلإِكْثَارِ مِنَ الضَّحْكِ وَالْمِزَاحِ الْمَخْلِ؟

Apakah Anda selalu berusaha untuk menjauhi terlalu banyak tertawa dan gurauan yang kosong?

57)   هَلْ تُصَلِّيْ صَلاَةَ الْعِشَاءِ فِيْ وَقْتِهَا؟

Apakah Anda selalu shalat Isya’ pada waktunya?

58)   هَلْ تُصَلِّيْهَا مَعَ الْجَمَاعَةِ؟ وَهَلْ تُحَافِظُ عَلَى التَّبْكِيْرِ فِي الذَّهَابِ إَلَيْهَا؟

Apakah Anda selalu shalat Isya’ dengan berjama’ah? Dan apakah Anda selalu memelihara kebiasaan bersegera untuk pergi menuju jama’ah shalat Isya’?

59)   هَلْ تُصَلِّي الرَّاتِبَةَ بَعْدَ الْعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ؟

Apakah Anda selalu menunaikan shalat rawatib setelah Isya’ dua rekaat?

60)   هَلْ تُصَلِّي قِيَامَ اللَّيْلِ وَلَوْ أَنْ تُوْتِرَ بِرُكْعَةٍ وَاحِدَةٍ؟

Apakah Anda selalu melakukan shalat qiyamul lail meskipun hanya witir satu rekaat?

61)   هَلْ تُحَاسِبُ نَفْسَكَ عَلَى مَا كَانَ مِنْكَ فِيْ يَوْمِكَ؟

Apakah Anda senantiasa menghitung diri (bermuhasabah) atas segala perbuatan yang telah kau lakukan dalam sehari ini?

62)   هَلْ تُنَظِّفُ قَلْبَكَ مِنَ الْحَقْدِ وَالْحَسَدِ حَتَّى تَنَامُ سَلِيْمُ الصَّدْرِ؟

Apakah Anda selalu membersihkan hatimu dari dengki dan iri sehingga Anda tidur dengan hati yang sehat?

63)   هَلْ تَتُوْبُ إِلَى اللهِ تَوْبَةً صَادِقَةً تَخْتَمُّ بِهَا يَوْمَكَ؟

Apakah Anda Selalu bertaubat kepada Allah yang sebenar-benarnya untuk menutup aktivitas hari-harimu?

(فَقَدْ كَانَ النَّبِيُّe يُحْصِي لَهُ الصَّحَابَةَ فِي الْمَجْلِسِ أَكْثَرَ مِنْ مِائَةِ مَرَّةً يَقُوْلُ :(اَسْتَغْفِرُ اللهَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ)

Nabi  telah menyebutkan kepada para shahabat di dalam suatu majelis lebih dari seratus kali mengucapkan: Astaghfirullah wa atubu ‘ilaih (Aku memohon ampunan kepada Allah dan kembali (bertaubat) kepadaNya)

64)   هَلْ تَحْمَدُ اللهَ عَلَى مَا أَنْعَمَ عَلَيْكَ فِي هَذَا الْيَوْمِ؟

Apakah Anda selalu memuji Allah atas segala nikmat yang telah diberikan kepada Anda pada hari ini?

65)   هَلْ تُبْعِدُ نَفْسَكَ عَنْ طُوْلِ اْلأَمَلِ وَنِسْيَانِ اْلأَجَلِ فَتَتَذَكَّرَ الْمَوْتَ وَالْقَبْرَ؟

Apakah Anda selalu menajuhkan diri Anda dari panjangnya angan-angan dan lupa ajal, lalu Anda mengingat kematian dan kubur?

وَرَدَ فِي اْلأَثَرِ (إِذَا أَصْبَحْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الْمَسَاءَ وَإِذَا أَمْسَيْتَ فَلاَ تَنْتَظِرِ الصَّبَاحَ)؟ وَهَلْ تَتَذَكَّرُ الْيَوْمَ اْلآخِرَ وَأَهْوَالَهُ وَالْبَعْثَ بَعْدَ الْمَوْتِ؟

Telah datang di dalam sebuah atsar apabila Anda berada di  waktu pagi, maka janganlah menanti sore, dan jika ada di waktu sore janganlah menanti pagi

Dan apakah Anda selalu mengingat pada hari akhir, kengeriannya, dan kebangkitan setelah kematian?

66)   هَلْ تَدْعُو اللهَ أَنْ يُثَبِّتَ قَلْبَكَ عَلَى دِيْنِهِ؟

Apakah Anda selalu berdo’a kepada Allah untuk memantapkan hatimu di atas agamaNya?

67)  هَلْ تَقُوْلُ اْلأَذْكَارَ قَبْلَ النَّوْمِ ؟وَمِنْهَا أَنْ تَقْرَأَ سُوْرَةَ اْلإِخْلاَصِ وَسُوْرَةَ الْفَلَقِ وَسُوْرَةَ النَّاسِ فِيْ كَفَّيْكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ وَتَمْسَحَ بِهِمَا ظَاهِرَ جَسَدِكَ فِي كُلِّ مَرَّةٍ .

Apakah Anda selalu membaca dzikir sebelum tidur? Di antaranya adalah membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, an-Nas ke dalam telapak tanganmu tiga kali dan Anda usapkan ke seluruh badanmu pada setiap kalinya.

68)  هَلْ تَنَامُ عَلَى جَنْبِكَ اْلأَيْمَنِ؟

Apakah Anda selalu tidur di atas sisi kanan?

69)   هَلْ تَعْمَلُ الْوَارِدُ إِذَا رَأَيْتَ فِي الْمَنَامِ مَا تَكْرَهُ؟

Apakah Anda selalu membaca wirid apabila bermimpi yang tidak Anda sukai?

(تَنْفُثُ عَنْ يَسَارِكَ ثَلاَثاً، وَتَسْتَعِيْذُ بِاللهِ ثَلاَثاً مِنَ الشَّيْطَانِ، وَتَسْتَعِيْذُ مِنْ شَرِّ مَا رَأَيْتَ، وَلاَ تُحَدِّثُ بِهَا أَحَدًا، وَتَتَحَوَّلُ عَنْ جَنْبِكَ الَّذِيْ كُنْتَ عَلَيْهِ)

Anda meludah ke arah kiri tiga kali, memohon perlindungan kepada Allah dari syetan, tiga kali, dan kau mohon perlindungan dari keburukan yang Anda lihat, lalu tidak menceritakannya kepada siapapun, dan Anda berpindah dari sisi yang sebelumnya ?

70)  هَلْ تَذْكُرُ اللهَ إِذَا تَعَارَيْتَ مِنَ اللَّيْلِ (انْتَبَهْتَ مِنَ النَّوْمِ فِيْ أَثْنَاءِ اللَّيْلِ ) وَتَقُوْلُ : لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ . الْحَمْدُ لِلَّهِ وَسُبْحَانَ اللهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وُاللهُ أَكْبَرُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ؟. فَمَنْ قَالَ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي أَوْ دَعَا اسْتُجِيْبَ لَهُ فَإِنْ تَوَضَّأَ وَصَلَّى قُبِلَتْ صَلاَتُهُ.

Apakah Anda selalu mengingat Allah jika terjaga di malam hari (terjaga dari tidur di tengah malam) dan Anda membaca: Laa ilaha illallahu…. (Tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan bagiNya segala puji dan Dia atas segala sesuatu Maha kuasa. Segala puji bagi Allah, dan tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, Alah maha Besar, dan tiada daya dan kekuatan melainkan karena Allah)

Barangsiapa membaca bacaan itu kemudian berdo’a Allahumaghfirli, (Ya Allah ampunilah aku), atau berdo’a apa saja, doanya dikabulkan, apabila ia bersudu lalu shalat maka shalatnya diterima

والحمد لله رب العالمين .

 

Download dalam bentuk doc silakan klik link berikut:

Hidup Islami.doc