Lahir di kecamatan Tuntang, kabupaten Semarang, pada tahun 1971, tepatnya tanggal 20 Januari, hari Rabu Pon, konon setelah dhuhur, dari pasangan Agung Sukamto bin Kamdi dengan Djamilah bin Hasyim. Setelah lahir kemudian diberi nama Budi Prasetyo.

Tahun 1977 mulai memasuki SD Negeri II Blotongan, yang saat itu masih ada di kecamatan Tuntang, kab. Semarang. banyak guru telah berjasa di sekolah itu, seperti Ibu Juharminingsih, Ibu Qibtiyah, Bp. Suparman, Ibu Sri Handayani, Bp. Giyono, Bp. Djarwanto, Ibu Ngatini, dll. lulus dari SD ini tahun 1983 saat sekolah ini dipimpin oleh Bp. Ruwaedi.

Saat itu belajar baca al-Qur’an tidak melalui sebuah jenjang TPA, karena belum ada trend TPA. Tetapi apapun namanya, pendidikan pengajaran baca al-Qur’an tetap ada. Saya belajar mulai dari pelajaran shalat, kemudian membaca huruf Arab, dimulai dari surau yang diasuh oleh Pak Warno (rh). Kemudian belajar menulis huruf Arab belajar di PP Salafiyah Grogol blotongan, dengan Bp. K. Habibillah. Bahkan menyelesaikan baca al-Qur’an pun di majelis K. Habibillah. Lalu dilanjutkan dengan belajar membaca kitab Safinatun-Najaa.

Selesai SD melanjutkan di MTs Negeri Salatiga. Tiga tahun di MTsN wali kelas tidak pernah ganti, yaitu Bp. K. Muh. Muhshon (rh). Selain beliau banyak guru yang telah mendasari ilmu agama, di antaranya adalah bp. Musri (rh), Bp. Nasa’i, Bp. Badroni, Bp. Kusharyanto, Bp. Yusuf, Bp. Supaat, Bp. Syafi’i, Bp. Nawawi dll.

Selesai dari MTsN Salatiga tahun 1986 lalu melanjutkan ke PPMI Assalaam. Di PPMI Assalaam masuk kelas Takhashush. yang terpenting di kelas ini adalah belajar bahasa Arab, yang diajarkan oleh Ust. Hasbi Shiddiq, dan akhirnya diganti Ust. Basyaruddin Djawahir. Selain Bahasa Arab juga belajar tafsir surat Yasin (Ust. Yusuf) , Fiqh (Usth Aisyah), Aqidah (Ust. Farchan). lebih dalam Bahasa Arab juga mempelajari nahwu (Ust. Syauqi) dan Shorof (Ust. Eddy Haryanto) dll.

Selanjutnya masuk di MA PPMI Assalaam tahun 1997. Diajar oleh Ust. Abdullah Abdul Lathif (rh), ust. Asyhuri, Ust. Dalhari Nuryanto, Ust. Nuruddin Umar, usth. Sirikit Eko Usdiani, Ust. Sukarno, Ust. Ma’ruf Rohmat, Ust. Hadi Mulyo, dll.

Selesai MA PPMI Assalaam melanjutkan ke Pendidilan MIPA FKIP UNS program Fisika. Disamping kuliah juga membantu kegiatan pendidikan di PPMI Assalaam. Karena beratnya belajar di Fisika dan tugas-tugas di Pondok, maka tahun 1992 mengkonsentrasikan kegiatan pada belajar. untuk sementara aktifitas di Pondok berhenti dahulu. Selain itu juga kuliah pindah ke IAIN Walisongo yang ada di Solo.

Selesai kuliah tahu 1997, kembali lagi mengajar di PPMI Assalaam hingga kini. Di PPMI Assalaam mengajar di MA, mengampu mata pelajaran Aqidah dan Ulumul Hadits, dan kadang-kadang juga mengampu mata pelajaran Ulumul Qur’an, Al-Qur’an dan hadits, bahkan pernah mengampu Ushul Fiqh.

Tahun 1998 menikah dengan Mujiningsih, dan tela dikaruniai 4 orang anak, yaitu Ifada Nurul Izzah (1999), Fuad Zaky Musthofa, (2001) Fahmy Nahjal Musthofa (2004) dan Faqih Muqtada Haq (2007)

Blog ini adalah refleksi studi Aqidah, hadits, dan ulumul hadits. Selain itu juga materi-materi pengajian di kampung. Untuk memperluas manfaat dari persiapan mengajar atau memberikan kajian lalu dipostingkan melalui blog ini. Dan dipersilakan kepada pembaca untuk mengambil manfaat sebesar-besarnya dari blog ini.

Saya berharap agar amal ini dinilai sebagai amal shalih oleh Allah subhanahu wata’ala…

Iklan